Kamis, 14 Mei 2015

"Kerja mah apa aja, yang penting capek" -@pidibaiq-



Here i am, 
setahun tepat kerja di developer yang katanya terkenal ini, ga berasa juga setahun ya. udah ganti ID card 4 kali, 1 ganti desain , 3 nya lagi ilang. setiap ilang kena denda 50rb. ngeselin emang.haha.

dari abis sidang skripsi gw emang apply disini untuk jadi environment landscape supervisor, tapi karna ga ada kabar gw pun melanglang buana interview di tempat lain. dari mulai developer, konsultan landscape, bank, sampe selama 3 bulan cari kerja dan hampir putus asa pengen jadi ibu rumah tangga aja. 

ada beberapa perusahaan yang nerima gw waktu itu, tapi karena suasana kerjanya ga enak, gajinya kecil, jauh, dan alasan lainnya gw ga ambil tawaran itu. awal interview pun gw harus kehilangan dompet dan jam tangan di stasiun manggarai. saat itu di dompet ada uang buat bayar wisuda. anehnya, kejadian dompet ilang gw ngga kesel, gw justru berdoa supaya gantinya dapet kerjaan yang baik (tumben lagi bener anaknya).

sehari sebelum wisuda, ada email masuk dari HRD Lippo Cikarang, namanya dea. dia nawarin kerjaan di lippo tapi di posisi lain, yaitu research and development di divisi town management. ngeri abis. karena putus asa ya gw dateng aja interview. sehari sebelumnya gw baca dulu kitab landscape maintenance, biar ga bego-bego amat kalo ditanya. karena ga tau cikarang itu di belahan bumi mana, gw dianter sama pacar (sekarang mantan hahaha) yang kebetulan kerja di daerah yang ga jauh dari situ juga. 

pertama kali interview gw dibikin nangis sama HRDnya ini. mbak dea emang sialan jago banget mancing emosi gw. lagian nyuruh nyeritain tentang keluarga, ya ga shanggup lah gw menahan air mata.hahaha anjir. gw tau gw rocker, tapi hati hello kitty.

skip.

pokoknya gw hari itu gembel banget. pake kemeja lusuh, rok hitam se dengkul, sama flatshoes gw yang udah mau rusak hak nya. maklumlah selama kuliah gw pake sneakers, mana punya gw sepatu cantik buat kerja, ada juga buat nyanyi yang heelsnya 7 cm. karena gw pikir ini kerjaannya bakal di lapangan yaudah gw ga dandan. biar keliatan anak lapangan banget :')))

dari HRD ketemulah gw sama manager environment, namanya pak asep. diinterview cuma 5 menit, selesai. dia cuma liat transkrip nilai gw waktu itu dan langsung oke. (dia ga tau aja itu semua fiktif.LOL!).lanjut ke interview selanjutnya, sama GM town managementnya langsung. buset deg degannya setengah mati. masa cuma interview level staff mesti sama GM nya juga. namanya endang sutrisna. dalam bayangan gw dia bapak-bapak muka sunda yang badannya gede dan kulitnya coklat mungkin juga kumisan dengan cara ngomong ala ala orang sunda. ternyata gw salah. dia putih, sipit, pake kacamata, muka cina, ngomongnya keras.HAHAHA.

gw disuruh nyeritain tentang skripsi gw, tujuannya apa, terus selama kuliah ngapain aja (gw pengen banget jawab ngeband,pacaran,sama tidur di kelas tapi kan ga mungkin). gw disuruh jelasin kepentingannya landscape maintenance apa untuk area lippo cikarang yg notabene ada residensial, komersial, sama industri.

kalo sekarang gw ditanya itu, gw bakal jawab "lanskap di lippo berperan dalam identitas suatu developer. bagaimana developer menciptakan suasanya aman dan nyaman bagi customer. juga meningkatkan nilai jual kawasan ini baik area residensial, komersial, dan industri pak".
tapi karena waktu itu gw ngeblank abis, gw cuma jawab "lanskap disini berperan dalam keseimbangan ekologi yang ada di kawasan ini pak, apalagi disini ada kawasan industri yang berpolusi"

WHAT A...bego banget jawaban gw. gw ga mau ngomong itu. itu ga nyambung. tapi apa mau dikata itu yang keluar dari mulut gw. yaudah gw keluar ruangan GM itu dengan lemes. pasti ga diterima ini mah.

BEBERAPA HARI KEMUDIAN.

gw dikirimin email disuruh ngisi beberapa pertanyaan psikotest, terus gw jawab dan langsung keliatan hasilnya : 50% melancolis, 50% plegmatis. HAHAHA. bener banget kan ya. tanpa disangka-sangka gw di tlp juga buat tanda tangan kontrak. KETERIMA LOH INI!! WIHIIIIII!

akhirnya masuk juga pertama kali, dapet meja persis di depan meja pak endang, GM yang interview gw. hari pertama kerja gw dikenalin keliling se kantor. kebetulan anak baru yang satu lagi namanya rizki. jadi pas kita dikenalin semuanya langsung inget nama gw, rizka-rizki hahaha. (si rizki bagian sipil, dan cuma bertahan sebulan di lippo).

kerjaan gw sehari-hari ya keliling area bareng supervisor, ngitungin area yang mau di develop, bikin BQ, bikin planning maintenance, ngitung harga satuan, ngitungin area landscape se Lippo (kalo jalannya semua lurus gw rasa ngelilingin lippo udah kayak dari bekasi ke banten), bikin desain, sampe bantuin si GM buat ngatur jadwal meeting segala pas sekretarisnya resign.

dari yang tadinya di ruangan sepi, lama-lama jadi rame makin banyak anak barunya yang muda-muda, yang masih suka ketawa-tawa di lorong kantor berasa di kampus. gw ketemu sama banyak orang dan macem-macem divisi. engineering,arsitek,sipil,infrastruktur,pentolan-pentolannya di dunia properti lah! gw terbiasa ngeliat orang proyek bawa-bawa teodolit, mobil tangki buat nyiram tanaman, semua yang diajarin di kuliah.

masuk-masuk langsung disuruh ngitung harga tender buat pengangkutan sampah (gila aja kali pengangkutan sampah dan kebersihan masuk juga ke divisi environment.it means itu tugas gw juga buat bikin planning). hahaha. ngerasa bego aja disini, ga ngerti apa-apa, volume sampah untuk 1 rumah, 1 ruko aja gw ga tau berapa..tapi makin lama semakin banyak tau.

ternyata ada 2 cowok anak kampus gw yang anak environment juga. tri sama habib. tri pernah satu kelompok sama gw waktu ospek, habib ternyata sahabatan sama mantan gw di ipb dulu. yaelah, sempit banget dunia. gw juga kenal deva, sebenernya dia udah punya anak 2, tapi mainnya masih sama kita. jadi lah kemana-mana berlima sama satu lagi sekretarisnya GM, namanya venti.
gw sama venti di management office, namanya easton. sedangkan habib,tri,deva di blok H. basecampnya anak-anak lapangan.

kehidupan di easton sama di blok H beda banget. di easton lo ketemu orang-orang stylish yang dandan, ceweknya pake heels, cowonya pake kemeja body fit, gedungnya bagus, kantor pada umumnya lah. sedangkan blok H adalah bangunan sederhana di area industri, sebelahnya gudang yang isinya mobil operasional semacam tangki air, roadsweeper, pick up, escavator, peralatan pangkas, mesin fogging, dan segala macam boys stuff.

dan sekarang disinilah gw, pindah ke blok H karena bos gw susah kalo harus bolak-balik blok H-Easton. di blok H ini , ceweknya cuma 5 orang, sisanya bapak-bapak maupun cowo yang belom nikah, semuanya orang lapangan. mereka yang sehari-hari pake baju seragam lapangan + safety shoes. kemana-mana naik motor lippo (motornya di modifikasi kayak motor patroli, ada stikernya town management di bodynya). 

gw jadi merasa keren aja kalo ke lapangan pake safety shoes sambil bawa-bawa meteran dorong. kesannya cool gitu. padahal mah panas-panasan, ngukur buat bikin peta hahaha. kebangetan juga sih developer segede ini ga ada detail petanya. jadi lah gw harus turun langsung.

tapi sejauh ini, gw menikmati hari-hari gw di blok H. suasananya yang santai, musholla rumah pohon, ayunan dan sofa di depan kantor. gw suka kesederhanaan tempat dan orang-orang disini. sebagian kita bilang ini bukan kantor, tapi basecamp tempat ngumpul ketawa-tawa menjelang sore sambil ngopi, atau duduk-duduk di ayunan kalo lagi bete (kebanyakan yang duduk disini sekalian nyari sinyal, karena di dalem bangunan ga ada sinyal sama sekali :'))) ).

orang-orang lapangan yang selalu kepanasan, keujanan, yang selalu siap ke lapangan kalo ada masalah. dimarah-marahin customer, dimarah-marahin bos, dengan gaji yang biasa-biasa aja tapi resiko kerjanya dikasih golok sama preman. mereka ini yang buat kota jadi aman nyaman (ceileh).

dari mulai pohon tumbang, orang mabok nabrak pohon, nemuin mayat di danau, tukang pangkas kepatok ular, proyek bikin bukit teletubis, customer ada yang digigit anjing, kasur customer yang dijemur kebawa tukang sampah, ada sapi mati di kawasan industri dan nguburnya pake dozer, kita hadepin semuanya bareng-bareng. karena maintenance adalah pekerjaan yang ga bisa berenti. selalu ada aja masalah di lapangan.

disini bagian serunya, masalah setiap harinya beda. dan ini pengalaman baru buat gw. jadi gw ngga harus bergelut sama desain, sepanjang hari di depan komputer yang bukan gw banget lah. lagian gw juga sadar diri gambar gw jelek, ga mungkin jadi anak desain.hahaha.

banyak banget momen dramanya juga disini. waktu masih di easton apalagi. segala omelan dari pak endang gara-gara rumput median jalan utama pada kering, hitungan harga satuan yang salah dan disuruh ngitung lagi, selama masih deket pak endang udah deh hidup ga pernah tenang. meskipun dia galak tapi semua yang diajarin tentang strategi bisnis itu bener, sampe kuliah tentang kehidupan pun diajarin juga sama dia (dia suka manggil staff secara personal buat ngobrol di ruangannya , terus cerita-cerita tentang apa aja. kalo sama gw kebanyakan ngomongin keluarganya sama hobi fotografinya). 

dibalik sifatnya yang ngeselin, gw kaget banget begitu meeting awal tahun diumumin dia dipindahin ke bagian lain. padahal gw inget banget sehari sebelumnya menjelang pulang kantor dia manggil gw ke ruangannya, ngasih wejangan dan kita sama-sama bikin planning buat tahun depan.

setelah pengumuman itu, bos bos ke ruangannya pada ngasih salam. asli sedih banget. dan sorenya gw dipanggil, dia bilang makasih. dan nyuruh gw pindah ke blok h (dia ga mau gw di easton nanti jd double job sama bos yang baru). astaga, gw udah nahan - nahan supaya ga nangis. tapi akhirnya nangis juga pas mau pulang. ternyata yang lain juga ngerasa sedih dia dipindahin.

'pokoknya riz, suatu saat kamu pindah kerja dan butuh rekomendasi, kasih aja nomer saya' itu kalimat terakhir gw ngobrol sama dia. gimana ga nangis coba! pokoknya dia bos yang inspiring banget lah!

***
kalo di blok H, ada lagi nih yang jadi bapak gw, namanya babeh najib. paling senior disini. orangnya lucu banget. kalo ga kerja di lippo dia udah jadi pelawak kali. bayangin aja setiap dia ngomong semua orang ketawa. setiap hari kalo masuk ke blok H selalu mampir meja gw nyapa 'hai cantik' , 'anak babeh cakep banget hari ini', bukan cuma ke gw doang, tapi semua orang disapa. babeh membuat blok H jadi lebih lucu, lebih asik. setiap makan siang pun selalu bareng bareng, karena di kawasan industri ga ada yang seru, jadi jam istirahat kita selalu makan diluar, dan di sepanjang jalan ketawa-tawa.

i told you, rezeki itu ngga melulu soal uang :)

waktu gw sakit cacar ga masuk seminggu, seneng banget tiba-tiba dapet sms dari pak nyoman yang bilang get well soon. pak nyoman adalah orang yg jobnya multitasking dari mulai nyiapin tong sampah pesenan customer, bongkar pasang spanduk, servis alat-alat, semuanya lah pak nyoman yang turun tangan. di kantor pun sebenernya gw ga begitu deket sama pak nyoman karena dia tempat duduknya jauh. cuma yang gw tau pak nyoman adalah orang yang selalu senyum, ga pernah marah, ngomongnya halus dan kalo manggil gw pasti dengan sebutan mbak sis (mungkin dia ngira nama gw sisca, bukan rizka) hahaha. waktu baca sms itu rasanya seneng banget. orang yang ngga deket sama lo di kantor at least ngirim sms ucapan get well soon :')

gw belajar lagi ilmu baru, ternyata segampang itu ya bikin orang bahagia.

tapi gw yakin keadaan kayak gini ga akan bertahan selamanya, ganti atasan, ada yang resign, atau ganti jobdesk, kita selalu dihadapkan dengan perubahan. dan perubahan tanda masih hidup (lagi bener otaknya).

sekian cerita tentang pengalaman pertama kali kerja,
semoga ngga katarak ya bacanya kepanjangan.

 (Environment - Town Management Division. yang ditengah emang yang paling cantik.LOL)


Blok H, 15 Mei 2015.



6 komentar:

  1. Pertama brangkat interview kecopetan dikereta bareng gue haha

    BalasHapus
  2. Pertama brangkat interview kecopetan dikereta bareng gue haha

    BalasHapus
  3. Chik lo ganti identitas kok ga mengenalkan dirinatas nama chika gitu kan itu nama panggung lo. Haha. Anyway seru banget kisah lo inspiratif penuh wejangan semoga otaknya bener terus :p

    BalasHapus
  4. Gonjez : iya,untung ada lo. kalo ngga ngegembel lah gw jes di stasiun hahaha

    ka rheza : ahahaha,cukup buat di panggung aja ka kalo itu :p ah terimakasih. amiin ya ka otaknya ngga geser-geser lagi..

    BalasHapus
  5. Haha...pengalamannya mirip gw.cuma gw versi cowok.. sama2 diinterview dhea..ijin pantau ya mbak

    BalasHapus
  6. wah pengalamannya keren sob ahhahahaha btw pas corona gini gue jd main game aja cuy di rmh ahahhahah, tp gue lg ke hook banget nih sama ni game www.Econw.co cobain dah cuy seru bet dah jamin ahahhahahah

    BalasHapus