Rabu, 09 September 2015

Arsitek, bukan cuma tukang gambar?

Dear life,
belakangan ini gw kayaknya terserang krisis kepercayaan diri. belakangan ini banyak banget temen gw yang semakin gila. gila ide-idenya, gila kerjaannya, gila semangatnya buat lebih maju dari apa yang mereka capai sekarang. gw bukannya ngga seneng ngeliat temen-temen gw ngejar mimpinya, im totally happy, cuma ada  rasa malu aja kenapa gw ngga bisa kayak mereka.

gw dapet piagam lulusan terbaik waktu itu. gw juga pernah naik ke atas panggung, nerima ucapan selamat dari ketua panitia lomba desain open space, karena karya kelompok gw yg terbaik waktu itu. tapi sekarang gw merasa semua itu kayak angin. bisa pergi gitu aja, seenaknya, ga bakal lama bisa dinikmati dan akan terus bergerak.

gw kerja di salah satu developer. dan kerjaan gw sebagai seorang arsitek lanskap adalah, bukan gambar, bukan bikin konsep desain, apalagi ngerender gambar 3D.
gw ngga disibukkan dengan autoCAD, photoshop, google sketchup. tapi gw disibukkan dengan microsoft excel, kalkulator, dan kertas coret-coretan.

ya, gw arsitek lanskap yang ngga bisa gambar. yang ngga punya pengetahuan banyak soal tanaman.
gw minder? IYA.
gw salah jurusan? MUNGKIN IYA.
gw arsitek lanskap ngga berguna? NGGA SEPARAH ITU JUGA.

otak gw diperes untuk bikin budget landscape maintenance, gw harus tau biaya perawatan landscape untuk area 7200 sekian hektar. pusing? banget.
selain itu gw harus bikin rules nya buat masing-masing pekerjaannya mau kayak gimana, berapa orang yang dibutuhin, berapa liter bensin yang dipake, berapa volume air yang dibutuhin buat penyiraman, berapa harga insektisida, satu liter insektisida bisa buat semprot berapa pohon?

semua yang gw lakukan setiap hari berhubungan dengan angka.

yang harus gw lakukan adalah, menyukai matematika lebih dari apapun, dan pake akal sehat untuk ngasih angka. salah prediksi sedikit aja, mampuslah gw. berapa tukang pangkas, tukang sapu, tukang angkut sampah yg terdzalimi gara-gara gw salah ngitung.

waktu kuliah, ada dosen yang bilang, orang indonesia mudah untuk membuat sesuatu, tapi susah banget buat memaintain apa yang udah dibuat.

dan itu, bener-bener terjadi sekarang. hidup di pikiran gw setiap kali gw duduk di depan komputer kantor disaat gw harus nyusun budget. gw bisa aja ngitung se detail mungkin. ngasih harga se manusiawi mungkin. tapi kalo dari rules atasan-atasannya yang ngga bisa kompromi ngasih budget, gw bisa apa? gw cuma bawahan yang berharap semoga itungan gw dipake, seengganya tahun depan tukang-tukang digaji sesuai sama pekerjannya. sesuai sama standar  perawatan ideal di buku-buku perpustakaan kampus.

jadi ya, kalau ada yang nanya, apa arsitek harus bisa gambar?
jawabannya, ngga juga.
ilmu landscape ngga sedangkal itu.


to: landscapers 46
gw selalu pengen kayak kalian loh, dear landscape designer. tapi apa daya, gw ga bisa apa-apa.
gw cuma bisa ngitung maintenance hasil karya desain kalian.
ganbatte!












1 komentar:

  1. Hehe..tulisan yg buat speechless gw..bookmark dulu ah..ijin pantau ya mbak

    BalasHapus