Minggu, 16 September 2012

Landscape itu...


Memasuki semester ketujuh. Ga kerasa udah 3 tahun di kota hujan ini. Frame-frame kehidupan begitu jelas terjadi disini.mereka berjalan cepat.sangat cepat. Dan parahnya masih aja yang nanya APAAN  SIH LANDSCAPE CIK?

Landscape itu dimana lo disuruh ke suatu tempat dan ditugasin untuk sketsa di spot yang menurut lo paling bagus. Dimana harus begadang ngapalin nama latin taneman dari mulai rumput,semak,perdu,sampe pohon-pohon besar. Nulis arti kata seni itu apa dalam waktu 5 menit di kelas pengantar seni dan arsitektur. Mikirin bentuk tajuk pohon yang kayak gimana yang bisa bikin orang nyaman duduk di bawahnya. 

Ngukur-ngukur berapa panjang lahan, enaknya kalo dibikin perkerasan ukurannya berapa. Bergelut dengan kertas kosong, rapido, penggaris, sampe pagi nyusun garis demi garis untuk bikin gambar perspektif untuk mata kuliah teknik studio di semester 3. 

Mikir mau bikin taman dengan konsep apa sampe berjam-jam. Ngitung suhu,kelembaban,curah hujan dari suatu tempat. Corat-coret bikin pola untuk gambar siteplan. Situasi dimana temen-temen sekelas lo pada bikin komik atau karikatur di tengah-tengah kuliah yang ngebosenin. Belajar ngaduk pupuk kandang. Belajar ikhlas kalo gambar temen sebelah lo lebih bagus dari lo pas ujian.

Ada banyak hal yang gw gak tau tentang landscape.
tapi... landscape itu lebih dari sekedar gambar teknik. 
Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelom lo memulai satu garis diatas kertas gambar. 
Dan taman yang bagus ga bakal dipake kalo ga ada orang yang dateng, dan lo harus tau apa yang bisa membuat orang nyaman dateng kesana. Jadi landscapers harus pengertian, gimana maunya alam, gimana maunya orang...gimana caranya supaya mereka ga berantem.NAH!

Suatu saat nanti gw bakal kangen sama malam-malam galau ngonsep buat ujian desain lanskap mematikan yang 3 hari dari jam 8 sampe jam 4 sore itu.

Bakal kangen ngeliatin betapa bagusnya pohon ki hujan yang di batangnya dililit tanaman rambat yang keliatan jelas dari dalem kelas.

Kangen kertas gambarnya ojan yang ketumpahan martabak

Kangen pensil warna ijonya gonjes yang selalu gw pinjem

Kangen ngerasa kalo kertas A3 itu kecil banget buat gambar

Kangen deg-degan nunggu hasil poster tugas akhir di print

Kangen konsep-konsepnya zuhad yang suka out of box

Kangen gambar karikatur lucunya faris

Kangen ngeliatin mira yang ngerjain tugas komputer grafis sambil merem jam 2 pagi

Kangen kedinginan ngerjain tugas di kampus malem-malem

Kangen pak bambang yang selalu nunjuk gw buat ke depan kelas

Kangen momon yang selalu bawa-bawa camera SLR

Kangen bule yang selalu gw bangunin di kosan tiap pagi

Dan sampe S1 gw selesai gw akan tetap stay di kampus ini. Penelitian di kampus yang mungkin jadi sesuatu terakhir yang bisa gw kasih disini setelah semua caci maki yang selalu gw tumpahin kenapa gw terdampar di sebuah daerah bernama darmaga. Tempat yang macet parah. Ujan terus. 
Dan tempat penelitian klimatologi karena petirnya kedua terbesar se asia tenggara *sigh*

 Entah nantinya gw bakal kerja di bidang ini, atau syukur2 jadi penyanyi aja,hehe. Yang jelas, lanscape itu ilmu yang................

Menyenangkan :)))
 

Kamar kos, 12 september 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar