Selasa, 01 November 2011

soelastri

Ini adalah hari lebaran kedua,kamis, 1 september 2011. 

Mungkin ini kesekian puluh kalinya gua denger cerita jaman penjajahan jepang yang keluar dari mulut nenek gua.gua manggilnya ibu. Yah,namanya juga nenek nenek, dia selalu cerita apapun yang dia suka meskipun baru 5 menit yang lalu nyeritain hal yang sama.

Dan gobloknya lagi gua selalu nahan air mata, ga pernah berhasil lagi! Bukan karena ceritanya orang jaman dulu yg sering mati ketembak di jalan, sekolahan yg di bom, orang orang yang pake baju pake karung beras ala cerita penjajahan jaman jepang yang ibu certain. Ceritanya ga sedih sama sekali. Tapi… momen kayak gini yang bikin gua lemah. Gua ga bias nahan emosi gua tiap gua denger semua yang keluar dari mulut ibu.. entah cuma celotehan nenek nenek yang ga penting.. ibu yang suka niruin themesong spongebob, yang manggil temen gw dengan sebutan ‘deswita’ padahal namanya ‘devita’. Everything..

Dari jutaan kosakata bahasa Indonesia yang gua pelajarin dari kelas 1 SD Cuma 1 kata yang pantes mewakili ibu. Ibu itu MULIA. Dan ibu jantung gua. Gua ga tau harus gimana kalo ga ada ibu. Sumpah.
Gua tidur satu kamar sama ibu, gua di tempat tidur atas, ibu dibawah.. tiap malem gua sering kebangun entah jam  berapa, gua selalu ngeliatin perut ibu.. apa masih nafas apa ngga.. karena gua takut. Gua sangat sangat takut kalo suatu saat apa yang biasa gua liat naik-turun itu ga bergerak lagi.
Ibu adalah alasan gua untuk pulang ke bekasi meskipun lagi banyak urusan di bogor, karna… gua ga mau nyia-nyiain waktu gua. Selama gua punya waktu luang gua pengen ngabisin waktu sama ibu. Meskipun Cuma nemenin belanja ke pasar, nonton sinetron bareng, atau Cuma ngeliatin muka ibu kalo lagi tidur.. gua mikir berkali-kali kalo ada temen yang ngajak keluar karna gua ga mau ninggalin ibu. Emang sih ada 2 ade gua, tapi pasti mereka keluar dan ga ada di rumah. Gua ga mau ibu sendirian. Senggakbergunanya gua disini, minimal gua bisa di rumah.sama ibu.

Kesehatan ibu juga udah banyak menurun.. kalo lagi jalan di dalem pasar, ibu selalu pegangan di tembok atau pegang apa aja biar bisa jalan. Kalo lagi sama gua, ibu pegangan ke gua.. tapi kalo gua ga ada gimana? 

Ya Allah…. Rasanya sedih banget buat inget ini. Banyak banget sesuatu yang ga bisa gua certain di blog, yang Cuma bisa dipendem aja selama ini. Dan ibu adalah salah satu alasan gua bertahan sampe sekarang.
“cucu ibu ada 8, tapi Cuma kamu yang nyanyi….” Gitu kata ibu pas gua mau mutusin berenti nyanyi.
Waktu SD pun, ibu yang ngajarin gua nyanyi rayuan pulau kelapa. Lagu-lagu wajib yang lain..
Ibu selalu nungguin gua kalo lagi belajar waktu jaman jaman kelas 3 sma, sampe malem.. meskipun dia udah cape ngurusin rumah seharian,tapi tetep aja.. selalu nungguin gua.

Kalo gua pulang ke bekasi pasti ibu masakin lauk yang enak enak, yang gua suka. Ibu juga yang jaitin kalo baju sekolah gua sobek atao apalah. Kalo ade gua ada pr dan ade gua ga ngerti, ibu selalu nanya sama tetangga yang berprofesi guru. Semua itu ibu lakuin dari gua kecil. Ngurusin hidup gua dari bayi sampe sekarang.

Tiap gua diajak ke pasar, pasti pedagang pedagang di pasar bilang “oh,,,ini rizka ya bu haji?”
“ini yang kuliah di IPB itu ya nek?” “ini yang penyanyi itu ya?”
Semua pedagang nyapa gua. It means ibu selalu nyeritain gua ke orang orang itu sampe mereka tau siapa gua.

Ya Allah,
Kata-kata udah abis buat nyeritain ini semua.
Tapi gua percaya Allah ga pernah tidur, dan selalu tau apa yang ada dalem hati gua meskipun gua ga cerita, ga ngadu.
Dan pasti bakal ada ujungnya.pasti.

For my favorite angel ever,
Soelastri.
.ibuku.

Bekasi, 1 september 2011
14.18

Tidak ada komentar:

Posting Komentar