Minggu, 17 Juni 2012

Penyanyi KW


Kalo kata ka dean sih, ‘’ah chika mah penyanyi KW.. dia kaga ngerti teknik-teknikan yang penting nyanyi...” hmm bener banget tuh. Gw berasa banget perubahan sebelum dan sesudah pembinaan buat peksiminas belakangan ini. Buat ngadepin kompetisi tgl 1 nanti, IPB ngasih jadwal yang padet buat latihan. Ga peduli deh mau lagi uas kek, ada tugas kek, lagi berantem sama pacar kek, yang penting LATIHAN. Mamam tu latihan.

Gw  di pop dan 4 temen gw yang lolos peksiminas : ka asa di keroncong, yogi di dangdut, dini dan emil di seriosa kalang kabut latihan. Dan dibantai abis-abisan pas latihan sama 3 trio pelatih ka vina, ka baim, dan danang. Kita tuh harus nyanyi sampe mereka bilang ‘ NAH ITU TU BARU SUARA ANJING!’ EDAAAAAAAAAAAN . buat mereka, kalo udah bilang suara lo anjing tuh bukannya jelek, tapi bagus banget. So lo harus berusaha nyanyi sampe mereka bilang ‘anjing’. Hahaha. Dasar pelatih edan.

Dari mulai pernapasan aja gw udah di bantai. Gw kan ga pernah latihan vocal, ikut paduan suara aja langsung keluar karna ga kuat sama jadwal latihannya. Jadilah gw Penyanyi kamar mandi ala kadarnya. Hahaha. Gw ga pernah latihan pernapasan, yang sejenis itu deh pokonya. Jadi yaudah, gw sasarn empuk banget dibantai tiap latihan. Gw paling bego diantara yang lain. Ngelatih gw katanya yang paling bikin capek.hehehe. 

Kebiasaan buruk gw yang nyanyi ga buka mulut juga jadi masalah. Katanya gara-gara itu apa yang gw ucapin jadi ga jelas. Dan karena udah kebiasaan makanya susah banget meskipun udah diajarin buka mulut.
MEN. Gw sebel banget sebenernya sama penyanyi yang lebay. Buat gw, nyanyi tuh soul, bukan teknik. Kalo lo udah menjiwai, siapapun yang denger juga bakal nikmatin. Gw masih megang prisip kayak gitu sampe sekarang. Gw stres banget begitu latihan kok kayaknya ini bukan cara nyanyi gw banget. Tapi ya mau gimana lagi, THIS IS FESTIVAL. Nyanyi harus mangap, sedikit lebay, dengan ketelitian parah di setiap liriknya, yang kayak gitu baru yang dapet nilai tinggi.

Aaaaaaaaaaaaaaaaargh.

IDEALISME MEN IDEALISME.

Gw inget banget kata-katanya ka vina ‘ lu ambil improv kayak gini bahaya banget tau ga’ kata dia pas abis denger lagu tegarnya rossa yang gw improve di bagian tingginya. terus gw Cuma megap-megap, idung gw mimisan. Ga selebay itu sih,haha, gw Cuma cengo aja, gw sadar kalo ka vina belom percaya sama kemampuan gw. Ya mau gimana lagi, hajar aja.

Diulaaaaaaang mulu pas bagian itu. Jangankan improv, baru awal-awal gw nyanyi HOUOOOO~ aja udah disuruh berenti karena kurang bulet. Ada kali puluhan kali gw ngulang HOUOOO~ baru bener.hahaha.amajing.

Stres siah ketika cara nyanyi lo dirubah. Sama aja kayak lo ga doyan ayam bakar tapi lo disuruh makan ayam bakar. Lagian siapa juga yang ga suka ayam bakar #eh -_-

Sampe suatu ketika, ceileh,, belajar head voice. Kepala gw langsung pusing, dan mata gw kunang-kunang. Dan mereka Cuma ketawa-tawa ‘gapapa cik itu biasa, tandanya lo udah bener nyanyinya’. Ajegile.... masa iya efek nyanyi sampe segininya.

Apalagi kalo latihan sama danang :
‘ITU SI CIKA NAPASNYA GA BENER, PERUTNYA GA BUNCIT’
‘KALO NYANYI TUH BADANNYA DIBONGKAR CIK’

Dia ngomong gitu pasti di depan muka gua. Haaaah, untung lu bencong  nang .... nang....hahaha. kalo cowo beneran gw udah hands up deh. gw diomelin mulu sama ni anak. Nyanyi perut gw dipegangin sampe napas gw bener. Edan. Padahal itu sakit banget. Untung juga gw ga separah didi yang kemaren sampe tiduran, terus perutnya diinjek sama danang buat ngelatih pernapasan.

Nyanyi ga semudah joget-joget pamer paha bawain lagu alay ternyata.

Intinya sih, teknik yang udah gw kuasain sekarang ga semuanya gw pake buat nyanyi. Mungkin buat festival aja. Karna gw lebih suka nyanyi yg polos apa adanya. Dengan gitu karakter ga akan ilang. Teknik-teknik itu Cuma dipake buat lagu lagu festival yang susah. Jangan dipake ketika lo nyanyi di cafe atau Cuma nongkrong-nongkrong biasa.
Teknik bisa dipelajarin, tapi karakter itu GIFT dari Tuhan :)

Kamar kos, 18 Juni 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar